Nutrition Counselor

Air Surgawi

Posted by & filed under

Air kelapa.

Ya, reputasinya sudah sangat dikenal karena selain murah meriah, air kelapa merupakan minuman yang bisa didapatkan dimana saja, termasuk padang pasir sekalipun. Namun apakah anda benar-benar mengetahui khasiat dari air kelapa? Jika belum, semoga artikel ini berguna.

 

Air kelapa merupakan cairan isotonik paling alami yang memiliki tingkat elektrolit yang sama dengan plasma darah manusia. Makanya pada zaman perang dunia, para medis di medan pertempuran seringkali menggunakan air kelapa segar sebagai cairan infus bagi prajurit yang terluka. Oleh karena itu sebaiknya air kelapa dikonsumsi secepatnya sewaktu diambil dari buahnya karena pada dasarnya air kelapa sangat steril dan apabila dibiarkan terlalu lama terpapar udara, air kelapa mulai berfermentasi.

 

Air kelapa mengandung lauric acids yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia karena sewaktu diubah menjadi monolaurin di dalam tubuh kita, karakteristiknya menjadi zat anti bakteri, anti-virus, antioksidan, dan membantu untuk meningkatkan koresterol baik. Air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi ketimbang minuman berenergi buatan manusia, serta rendah sodium. Keseimbangan ini membuat air kelapa sangat cocok untuk membantu anda menurunkan tekanan darah anda, khususnya bagi penderita hipertensi.

 

Untuk pemakaian luar, air kelapa juga bisa digunakan untuk mencuci muka karena dapat membantu untuk membunuh bakteri dan menyamarkan noda kehitaman pada kulit wajah. Karena sifatnya yang tinggi elektrolit, maka air kelapa sangat berguna untuk melembabkan kulit dan bahkan dipakai untuk menyuburkan rambut. Tidak ada salahnya mencoba bukan? Daripada anda mencoba berbagai macam obat untuk menyuburkan rambut, siapa tahu air kelapa berhasil. Lumayan khan, harganya murah, dan bisa anda tanam sendiri pula dirumah anda..!

 

Pada saat ini, banyak sekali tipe diet yang beredar dengan mengcantumkan air kelapa sebagai salah satu bahan yang harus dikonsumsi untuk keberhasilan diet tersebut. Banyak alasan mengapa hal ini terjadi. Salah satunya adalah karena selain air kelapa rendah kalori, air kelapa juga membantu proses pencernaan dan melancarkan sirkulasi darah sehingga penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal.

 

Namun ada juga beberapa hal yang masih kontroversial bahkan sampai hari ini. Misalnya, air kelapa bisa digunakan untuk mencegah reaksi alergi, menyembuhkan “hangover” setelah minum minuman keras, dan yang paling terkenal adalah apabila dikonsumsi secara terus menerus, air kelapa bisa menyebabkan tubuh lemas dan ngantuk. Namun apapun kontroversinya, yang saya yakin adalah belum tentu hal itu berlaku untuk semua orang. Jadi selama air kelapa masih berlimpah, cobalah. Terutama dikonsumsi setelah berolahraga dan sewaktu kondisi tubuh anda sedang tidak fit.

 

Selamat mencoba “air surgawi”..! @chefedwinlau